Program Pendidikan Ulama tarjih (PPUT)

A. Persyaratan Administrasi

  1. Melampirkan berkas fotocopy ijazah atau transkrip nilai yang dilegalisir masing-masing 2 lembar;
  2. Lulusan pondok memiliki ijazah Muadalah/ Ijazah Negara/ Paket C yang dilegalisir 2 lembar;
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK);
  5. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar;

B. Persyaratan Khusus

  1. Kader Muhammadiyah yang dibuktikan dengan Surat Keterangan (rekomendasi) dari Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) setempat;
  2. Setiap PDM hanya diperkenankan mengirimkan maksimal 2 peserta calon maba yang diseleksi dengan mempertimbangkan pemerataan asal daerah calon mahasiswa.
  3. Surat Pernyataan penanggung biaya hidup selama studi di Malanf dibuat diatas kertas bermataerai Rp. 10.000;
  4. Surat pernyataan kesanggupan menjadi mahasiswa PPUT;
  5. Calon peserta berjenis kelamin laki-laki;

C. Prosedur Pendaftaran

  1. Calon peserta mendaftar pada program studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) sebagai pilihan pertama;
  2. Mendaftar secara online di jalur PPUT dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 400.000 sesuai dengan nomor virtual account yang diperoleh dari pendaftaran;
  3. Pendaftaran mulai tanggal 1 Februari 2021 - 27 Maret 2021 (secara online);
  4. Seleksi Administrasi (online) tanggal 29 Maret – 3 April 2021;
  5. Tes seleksi tulis dan interview secara langsung dimulai tanggal 5-7 April 2021 (jadwal per sesi diinformasikan menyusul);
  6. Peserta membawa berkas persyaratan Administrasi Umum dan Administrasi Khusus pada saat tes seleksi (bagi yang tidak membawa dianggap gugur);
  7. Pengumuman hasil seleksi tanggal 19 April 2021
  8. Bagi yang dinyatakan LULUS/ DITERIMA pada program ini tetap membayar biaya-biaya registrasi, Jas Almamater, Akademik Khusus, dan biaya lain yang ditentutukan dalam Surat Keputusan Rektor;

D. Materi Tes Seleksi

  1. Qiroatul Qur’an
  2. Qiroatul Kutub
  3. Bahasa Arab
  4. Wawancara
Program