Hati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan UMM. Tetap waspada! Stay Safe, Stay Healthy. Salam sehat dan Tetap semangat !

Metode Rekrutmen dan Sistem Seleksi Penerimaan Mahasiwa Baru UMM

Berdasarkan Pedoman Seleksi Penerimaan Mahasiwa Baru (SPMB) Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2020 dan Peraturan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang nomor 04/UMM/IX/2021, maka metode rekrutmen mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang pada Program Pendidikan Vokasi dan Sarjana (S1) melalui Jalur Prestasi yang meliputi Prestasi Akademik dan Prestasi Minat Bakat; Jalur Reguler; Jalur Beasiswa yang meliputi Beasiswa Yatim/Yatim Piatu, Jalur Beasiswa Program Ulama tarjih (PPUT), Jalur Beasiswa Alumni Sekolah Muhammadiyah, Jalur Beasiswa Saudara Kandung, dan Jalur Beasiswa Bidikmisi/Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari Pemerintah; Jalur Kelas Internasional; Jalur Mahasiswa Internasional serta Jalur Transfer  dan Jalur Alih Jenjang.

Sedangkan pada Program Pendidikan Magister dan Doktor, metode rekrutmen mahasiswa baru dilakukan melalui Jalur Reguler; Jalur Beasiswa; Jalur Fast Track; Jalur Mahasiswa Internasional serta Jalur Kerjasama Pemerintah, PT Muhammadiyah dan Swasta.

Pada Program Profesi, metode rekrutmen dan sistem seleksi mahasiswa baru dilakukan melalui Jalur Reguler yang dilakukan berdasarkan ketentuan dan ditetapkan oleh Dekan atau Direktur.

Proses pendaftaran semua calon mahasiswa baru dilakukan secara online melalui online.umm.ac.id yang dapat dilakukan dari seluruh wilayah Indonesia dan bahkan Internasional,  dengan memenuhi syarat dan prosedur pendaftaran yang meliputi kepemilikan ijazah sesuai jenjang pendidikan, mengisi data diri dan syarat lain yang ditentukan seperti surat ijin tinggal di Indonesia bagi mahasiswa Internasional. Informasi lebih lengkap tentang metode rekrutmen dan system seleksi dapat dilihat pada link pmb.umm.ac.id.

Sistem seleksi calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang pada Program Pendidikan Vokasi dan Sarjana (S1) dilakukan melalui seleksi berdasarkan nilai rapor dan tes potensi akademik pada jalur prestasi akademik dan seleksi prestasi minat dan bakat pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Pada Jalur Reguler dan Beasiswa secara umum dilakukan melalui seleksi tes berbasis computer (CBT)  secara online yang meliputi tes mata pelajaran, tes potensi akademik (TPA) dan psikotes serta ditambahkan nilai rapor dan kriteria lain yang ditetapkan dan disetujui oleh Rektor seperti pertimbangan keterwakilan dari berbagai wilayah Indonesia.

Sistem seleksi pada calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Kedokteran dan farmasi dilakukan melalui tes berbasis computer (CBT) yang dilaksanakan secara langsung (luring) di Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang sesuai jadual yang ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan dan perjokian yang dilakukan oleh calon mahasiswa baru. Jumlah mahasiswa baru yang diterima ditetapkan berdasarkan rapat pimpinan Rektorat dan Dekanat.

Sedangkan pada Program Pendidikan Magister dan Doktor, maka sistem seleksi calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang dilakukan melalui tes tertulis dan tes wawancara serta penilaian terhadap portofolio calon mahasiwa, dan  kriteria lain yang ditetapkan dan disetujui oleh Direktur Pascasarjana seperti pertimbangan keterwakilan dari berbagai wilayah Indonesia.   Pada Masa pendemi tes tertulis ditiadakan sesuai peraturan pemerintah yang melarang terjadinya kerumunan.

Metode rekrutmen dan sistem seleksi calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang merupakan rangkaian kegiatan sepanjang tahun yang harus dikordinasikan oleh  suatu unit yang menangani khusus tentang penerimaan mahasiswa baru, yaitu Unit Pelaksana Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT PMB) dibawah kendali Wakil Rektor I Bidang Akademik. UPT PMB bukan satu-satunya unit yang bertanggung jawab langsung terhadap kuantitas dan kualitas hasil SPMB tetapi juga ada unit-unit lain yang langsung maupun tidak langsung terkait dengan proses seleksi mahasiswa baru tersebut, seperti Unit Tim Soal yang bertanggung jawab terhadap ketersedian dan kualitas soal. Oleh karena itu sangat diperlukan komunikasi, koordinasi,  dan komitmen agar unit-unit tersebut bisa bersinergi dalam menjalankan kegiatan SPMB sehingga mampu menjaring dan menghasilan calon mahasiawa baru yang berkualitas. Harapannya adalah kualitas lulusan menjadi lebih baik dan UMM mampu mencetak generasi muda yang berkarakter yang dibutuhkan dalam membangun bangsa Indonesia di masa mendatang.  

Ka. UPT PMB