Siapkan Program Ikatan Dinas, UMM Sudah Punya 18 Pusat Keunggulan

Selasa, 19 April 2022 22:09 WIB   Administrator

Drone untuk mendukung dunia pertanian yang lebih modern di Indonesia karya dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM (foto: humas UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM menyatakan telah mempunyai 18 pusat keunggulan atau center of excellence sejak dirintis 2019 hingga sekarang. “Program unggulan terus dimunculkan dan dipersiapkan secara matang,” kata Rektor UMM, Fauzan, Senin, 18 April 2022. 

Fauzan menyatakan komitmen UMM yang akan terus menambah pusat keunggulan sehingga seluruh sivitas akademika UMM tak boleh berpuas diri, apalagi sampai berhenti. Dia juga menekankan ini dalam diskusi terpumpun atau focus group discussion pusat keunggulan secara tatap muka pada Kamis pekan lalu. 

Untuk sementara, UMM dan Peternakan (FPP) berada di puncak dengan tujuh pusat keunggulan, disusul Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan lima pusat keunggulan. Fakultas Teknik (FT) bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) masing-masing punya dua pusat keunggulan. Sedangkan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Fakultas Psikologi masing-masing memiliki satu kelas unggulan. 

Menurut Fauzan, setiap pusat keunggulan itu berupaya mengantisipasi perpindahan minat mahasiswa yang berbeda dengan jurusannya. Misalnya saja, ahli mesin yang ingin mampu berbahasa Arab.

Itu sebabnya dia mengharuskan program  dibuat fleksibel dan banyak praktik agar menjadi lebih menarik dan bisa merangsang lahirnya banyak inovasi. “Jika hanya berdasar pada textbook, program pusat keunggulan dan UMM hanya berjalan di tempat tanpa ada perkembangan yang signifikan,” ujar Fauzan. 

Fauzan juga mengungkap dua terobosan yang dilakukan UMM dalam waktu dekat. Pertama, UMM sedang menghidupkan kembali Bookstore UMM. Toko buku yang berdiri pada 21 Agustus 2005 ini sempat lama mati suri dan nantinya kembali beroperasi dengan nama UMM New Bookstore.   

Kedua, kata Fauzan, beberapa bulan ke depan UMM akan menjadikan salah satu mitra, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari di Kabupaten Malang, sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia (SDM) berbasis digital. Dengan begitu, pengembangan SDM dan pusat keunggulan UMM dipandangnya memiliki daya ledak yang besar dengan mitra berkelas nasional dan internasional. 

Kepala Kantor Pusat Keunggulan UMM Damat mengatakan, pusat-pusat keunggulan yang dibuka bertujuan membentuk sekaligus meningkatkan mutu pendidikan universitas dan kompetensi mahasiswanya. Harapannya, proses penjaminan mutu dapat dicapai sesuai kebijakan nasional Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 

“Kantor CoE bertugas memberikan layanan Kampus Merdeka di UMM yang salah satu tujuannya untuk menjamin kelulusan mahasiswa normal empat tahun dengan kompetensi yang mumpuni,” kata Damat. 

Selain itu, ucap Damat, pusat keunggulan di tiap program studi merupakan implementasi pelaksanaan program UMM Pasti, yaitu upaya UMM untuk meluluskan mahasiswa dalam tempo 3,5 dan 4,0 tahun, pasti mandiri dan pasti kerja. 

Pelaksanaan pusat keunggulan mengharuskan UMM mendapatkan mitra dari dunia usaha dunia industri (DUDI). Perguruan tinggi swasta yang berdiri pada 1964 itu sudah menggandeng banyak mitra DUDI sehingga mahasiswa dan peserta kelas pusat keunggulan dapat merasakan langsung berpraktek maupun magang di perusahaan mitra UMM.   

Pada akhirnya, kata Damat, seluruh pusat keunggulan UMM diharapkan bisa jadi pusat riset dan teknologi di masa depan. Ambisi ini ditindaklanjuti dengan rencana membangun pusat riset dan pusat keunggulan di wilayah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Kerjasama dengan DUDI ini diharapkan bisa menyiapkan mahasiswa melalui ikatan dinas. Jadi sebelum mahasiswa lulus, mereka sudah ada ikatan dengan dunia kerja.

Berikut Daftar Pusat Keunggulan UMM 

  1. Kelas Profesional Unggas Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan FPP, 2019.
  2. Kelas Profesional Ruminansia Program Studi Peternakan FPP, Maret 2021.
  3. Kelas Profesional Udang Program Studi Akuakultur FPP, Agustus 2021.
  4. Kelas Welding Inspector Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, September 2021.
  5. Kelas Profesional Kakao Program Studi Teknologi Pangan FPP, Desember 2021.
  6. Kelas Profesional Ekspor Produk Agrokomplek Program Studi Agribisnis FPP, Desember 2021.
  7. Kelas Profesional Essential Oil Program Studi Kehutanan FPP, Februari 2022.
  8. Kelas Profesional Industri Produksi Benih Tanaman Program Studi Agroteknologi FPP, Maret 2022.
  9. Sekolah Anggrek Program Studi Biologi MIPA, Agustus 2021.
  10. Para Diplomasi Institute Program Studi Hubungan Internasional FISIP, Januari 2022.
  11. Sekolah Pemberdayaan Masyarakat Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP, Januari 2022.
  12. Sekolah Analis Pemerintahan dan Politik Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP, Maret 2022.
  13. School of Creative Digital Communication Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP, Maret 2022.
  14. Kelas Profesional Manajer Program Studi Sosiologi FISIP, Maret 2022.
  15. Kelas Profesional Human Resource Development Fakultas Psikologi, April 2022.
  16. Sekolah Unggulan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Program Studi Teknik Elektro FT, April 2022.
  17. Kelas Profesional Perbankan Syariah Program Studi Perbankan FEB April 2022.
  18. Kelas Profesional Akuntansi Desa Program Studi Akuntansi FEB, April 2022. 
Shared: