Beasiswa Talenta Unggul Dongkrak Jalur Prestasi UMM

Rabu, 27 April 2022 00:33 WIB   Administrator

 

Kebijakan pemberian Beasiswa Talenta Unggul yang dicanangkan kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuahkan hasil. Sebanyak 1135 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) mendaftar jalur prestasi gelombang II. Jumlah itu melampaui tahun 2021 yang berjumlah 1007 Camaba.

Sebagaimana diketahui, tahun 2022 UMM membuka peluang beasiswa unggulan bagi jalur prestasi. Mahasiswa yang diterima jalur ini akan mendapatkan beasiswa sampai lulus. Jalur prestasi meliputi jalur akademik dan non akademik.

“Jalur prestasi ini memberikan peluang siswa lulusan untuk kuliah di UMM dengan mudah dalam mengembangkan kemampuannya.  Saat mereka punya bakat, UMM mewadahinya. Di kampus juga banyak unit kegiatan mahasiswa yang bisa dipakai mahasiswa untuk mengembangkan skillnya, “kata Rahmat Wijaya, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Pengembangan AL Islam dan Kemuhammadiyahan (BAA-AIK).

Terkait syarat jalur prestasi akademik, Iqbal Ramadhani Fuad, sekretaris UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM mengatakan, “Jalur prestasi akademik mensyaratkan rata-rata nilai pengetahuan, rapot semester 1-5 minimal 80. Ini khusus lulusan tahun 2022. Adapun non akademik berupa sertifikat kejuaraan minimal tingkat kabupaten, tahfidz qur’an minimal 10 juz, influencer atau kontent kreator youtube”. Jalur prestasi ini tak berlaku untuk  Program Studi Farmasi dan Kedokteran”

Dia kemudian merinci lebih lanjut. Jika dilihat dari sebaran mahasiswa jalur prestasi 2 ini, 5 besar berasal dari provinsi Jawa Timur (65%), Kalimantan Timur (6,7%), Kalimantan Selatan (4,3%), dan Nusa Tenggara Barat (3,8%). Kemudian jika melihat Jawa Timur terbanyak berasal dari Kabupaten Malang (14,7%), disusul Kota Malang (10%), Lamongan (4,8%), Tulungagung (4,8%) dan Blitar (5%).

“Camaba juga bisa mendaftar Kompetensi Ekstra Siswa Indonesia (KESI). Mereka bisa langsung mengunjungi laman www.kesi.umm.ac.id  Jangan lupa jalur prestasi kita buka sampai tanggal 10 Juni 2022. Daftar melalui www.online.umm.ac.id, “tegasnya lebih lanjut.

(nrd).

Shared: